About Linux

Linux

Pada mulanya Linux adalah nama kernel atau jantung sistem operasi komputer yang dibuat pertama kali oleh Linus Torvalds pada 1991. Linus mengizinkan siapa saja untuk menggunakan, mempelajari cara kerjanya, dan mendistribusikan Linux, dengan lisensi GNU GPL (General Public License) atau lebih terkenal dengan istilah Free Software.
Saat ini, nama Linux tidak hanya digunakan untuk menyebut kernel, namun juga sistem operasi yang lengkap. Bahkan Linux juga digunakan untuk menyebut distribusi (gabungan sistem operasi dan berbagai aplikasi) atau distro Linux. Contoh distro Linux urut abjad: BlankOn, CentOS, Debian, Fedora, Gentoo, Mandriva, Mint, Nusantara, openSUSE, RedHat, Slackware, Ubuntu, Xandros, dan lain-lain.
Richard Stallman, pendiri Yayasan Free Software, mengusulkan penulisan sistem operasi Linux adalah GNU/Linux atau GNU-Linux, karena sistem operasi Linux berisi kernel Linux dan beberapa program dari projek GNU. Ada yang tidak setuju dengan Stallman, karena ada program pada sistem operasi Linux yang bukan dari projek GNU.
Open Source adalah istilah untuk software yang source code-nya (kode programnya) disediakan oleh pengembangnya untuk umum (terbuka) agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebarluaskan. Jika pembuat program melarang orang lain untuk mengubah dan atau menyebarluaskan program buatannya, maka program itu bukan Open Source, meskipun tersedia kode programnya.
Open Source merupakan salah satu syarat free software. Free Software pasti Open Source Software, namun Open Source Software belum tentu Free Software. Contoh Free Software adalah Linux. Contoh Open Source Software adalah FreeBSD. Linux yang berlisensi Free Software tidak dapat diubah menjadi berlisensi tidak Free Software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi Open Source Software BSD-like dapat diubah menjadi tidak Open Source. FreeBSD (Open Source) merupakan salah satu dasar untuk membuat Mac OSX (tidak Open Source). www.opensource.org/licenses memuat jenis-jenis lisensi Open Source.

linux.or.id

linux.or.id adalah salah satu pusat informasi Linux Indonesia pertama yang bertujuan untuk memberikan wadah terpusat untuk segala macam informasi dan kegiatan komunitas Linux Indonesia, baik memperkenalkan Linux, memberikan dukungan dan bantuan antar sesama pengguna Linux maupun mempererat hubungan persahabatan antar anggota komunitas Linux Indonesia.
linux.or.id merupakan badan non-profit maya yang saat ini hanya dikelola oleh beberapa sukarelawan. Maka dari itu linux.or.id tidak mempunyai kantor maupun alamat darat. Lihat Informasi Kontak untuk menghubungi tim linux.or.id.
linux.or.id memberikan beberapa layanan gratis, antara lain mailing list, DNS (lihat Memperoleh Subdomain linux.or.id), dan situs linux.or.id yang menyajikan tulisan dan informasi tentang Linux khususnya untuk kalangan Indonesia yang ditulis oleh anggota komunitas Linux Indonesia.

Situs linux.or.id

Situs linux.or.id bertujuan supaya dapat dimanfaatkan oleh para pengguna Linux untuk menggali informasi teknis dan non-teknis mengenai Linux dalam Bahasa Indonesia, selain itu situs ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran ilmu dan informasi antar sesama anggota komunitas pengguna Linux.

Kontribusi ke linux.or.id

Untuk saat ini kami sangat membutuhkan kontribusi anda yang berupa tulisan, artikel, buku online, berita maupun content/isi lainnya yang berhubungan dengan Linux atau komunitas Linux Indonesia. Kontribusi ini lebih dibutuhkan untuk saat ini dibandingkan sumbangan berupa uang atau materi.
Jika anda mempunyai account di situs linux.or.id (atau Drupal ID), anda otomatis dapat menulis artikel (story) yang nantinya akan direview oleh tim moderator, dan nantinya akan dipublikasikan di halaman depan situs linux.or.id. Artikel ini bisa berupa berita, review produk/servis/aplikasi/buku, opini, maupun tulisan lainnya selama berhubungan dengan Linux atau komunitas Linux Indonesia.
Tulisan yang berupa FAQ, howto, dan tutorial lebih cocok dimasukkan ke Wiki linux.or.id. Rationalenya adalah bahwa Linux dan aplikasinya sering mengalami perubahan yang signifikan selama masa development dan informasi FAQ, howto dan tutorial menjadi cepat basi (outdated). Penempatan di Wiki akan memungkinkan orang lain untuk bersama-sama memperbaiki informasi yang kurang akurat dan menambahkan informasi lain yang relevan.
Anda juga dapat memberikan kontribusi dengan turut aktif di forum maupun di milis yang disediakan oleh linux.or.id, baik dengan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan atau berdiskusi atau menuliskan rangkuman permasalahan dan solusinya ke FAQ, howto atau tutorial.

Tentang Nama “Linux Indonesia”

linux.or.id tidak sama dengan Linux Indonesia. Menurut sepengetahuan kami istilah “Linux Indonesia” adalah istilah generik yang dipakai untuk mengacu kepada keseluruhan komunitas Linux Indonesia. linux.or.id memposisikan dirinya sebagai hub dari berbagai kelompok pengguna Linux Indonesia (KPLI), perorangan, institusi pemerintah, enterprises, korporat, bisnis, media, dan kelompok pengguna Linux lainnya di dunia yang mempunyai interest atas kemajuan Linux, khususnya di komunitas Linux Indonesia. Sifat hubungan ini adalah horisontal (bukan pusat-cabang) dan diharapkan mutual.

Linux User Interface

Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah (command line interface atau CLI) berbasis teks, user interface grafis (graphical user interface atau GUI, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop).
Pada desktop, GNOME, KDE dan Xfce merupakan user interface yang paling populer, walaupun terdapat sejumlah varian user interface. Antarmuka pengguna yang paling populer berjalan di atas X Window System (X), yang menyediakan transparansi jaringan yang memperolehkan sebuah aplikasi grafis berjalan di atas satu mesin tetapi ditampilkan dan dikontrol di mesin yang lain.
GUI yang lain memiliki X window manager seperti FVWM, Enlightenment, Fluxbox dan Window Maker. Manajer jendela menyediakan kontrol untuk penempatan dan penampilan dari jendela-jendela aplikasi individual serta interaksi dengan sistem jendela X.
Sebuah sistem Linux umumnya menyediakan sebuah command line interface lewat sebuah shell, yang merupakan cara tradisional untuk berinteraksi dengan sebuah sistem Unix. Sebuah distro Linux yang dikhususkan untuk lingkungan peladen mungkin hanya memiliki CLI sebagai satu-satunya interface. Sebuah sistem yang tidak memiliki monitor hanya dapat dikontrol melalui command line lewat protokol seperti SSH atau telnet.
Kebanyakan komponen tingkat rendah Linux, termasuk GNU Userland, menggunakan CLI secara ekslusif. CLI cocok untuk digunakan pada lingkungan otomasi tugas-tugas yang repetitif atau tertunda, dan menyediakan komunikasi inter-proses yang sangat sederhana. Sebuah program emulator terminal grafis sering digunakan untuk mengakses CLI dari sebuah Linux desktop.

Kelebihan dan Manfaat Program Linux

1. Anda tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD Windows yang Original.
2. Anda tidak Perlu takut Untuk di Sweeping atau di Razia Software karena Linux Free.
3. Anda telah membantu mengurangi Pembajakan Software dan tidak perlu membeli Licensi Key/ Keygen.
4. Apakah Anda suka internet? The TCP / IP protokol dibangun pada UNIX komputer (Linux)
5. sedangkan Windows hanya embraced TCP / IP sebagai protokol asli dari Windows 2000.
6. Sobat tidak perlu defragment Linux Selalu untuk selamanya..^_^
7. Linux lebih aman karena Linux memiliki filosofi menjalankan proses pada tingkat
8. terendah yang diperlukan akses.
9. lebih dari 80% dari atas 500 supercomputers di dunia menjalankan Linux
10. Jika anda memerlukan sebuah kantor suite Anda dapat men-download Open Office (Free)
11. Anda tidak menderita vendor lock-in dengan Linux.
12. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem sedangkan Windows Bajakan yang sering digunakan di Indonesia adalah Windows 32 Bit.
13. Komunitas linux adalah orang yang berlimpah dengan keinginan untuk saling membantu memecahkan masalah apapun pengalaman serta berbagi tips dan ide untuk kreativitas.
14. Linux tidak crash tanpa alasan jelas sewaktu di Jalankan.
15. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows.
16. Pada Sistem Operasi Windows ketika selesai Update Antivirus dan Instal software seringnya meminta untuk Restart/reboot bahkan kadang Restart secara Otomatis (Windows Maksa Bro biar systemnya Update).Tetapi Linux tidak reboot dengan sendirinya (Otomatis)
17. Linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.
18. Sobat memiliki hak untuk mengubah apa-apa saja yang berada di dalam Linux jika memiliki kemampuan dan skill asal masih mencantumkan Varian Linuxnya.
19. Sobat tidak akan terjebak dengan legacy application dimana vendor maupun providernya telah ditutup dan tak dapat memperbaruinya.
20. Linux happily akan menginstal sendiri pada partisi hardisk logis. Anda tidak dibatasi untuk partisi utama.
21. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.(IGOS OS yang murni Sistem Operasi buatan Indonesia yang di ambil dari Varian Fedora Linux pernah memberikan saya Live CD IGOS…Thanx IGOS..Promosi dikit)
22. Tidak ada 1 Sistem Operasipun yang bisa meng-klaim terbebas dari serangan Virus maupun Trojan termasuk Linux.Tapi setidaknya Linux tetap lebih aman karena Linux merupakan Open source dan masih sedikitnya orang yang mengetahui tentang Scripting pembuatan Virus di Linux..hehe
23. Pada Linux Anda mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Licensi.
24. Anda tidak perlu untuk mencari Resor vendor atau menggunakan situs Windows Update untuk melakukan sesuatu pekerjaan.
25. Anda dapat membuat sendiri distro Linux jika Anda inginkan. Bayangkan “MyLinux” untuk diberikan kepada semua teman dan keluarga Anda.(Ga kebayang kalau ada “DevitLinux” Mimpi kali y…Boleh dong…hehe).Kidding Sob…dan dengan catatan kita bisa mendistribusikannya ke setiap orang tanpa harus per-izinan alias Birokrasi dan akhirnya anda terkenal deh..
26. Linux dapat membantu Anda menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin – salah satu yang paling populer open source anti-spam system – adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Kontras oleh produk seperti Symantec Mail Keamanan adalah sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat.
27. (Waw mending buat email Baru deh kalau email Saya di kirim Spam Assassin daipada Bayar!)
28. Perangkat lunak open source menawarkan versi yang lebih baik dari Microsoft Office SharePoint Server dari Microsoft
29. Linux adalah sebuah sistem multi-user . Anda dapat memiliki banyak ratusan semua pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna.
30. Linux sangat kuat bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.
31. Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet.sementara patch Windows’ server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam.Bahkan tanpa patch, Linux masih lebih baik daripada Windows.
32. An out-of-the-box sistem Linux dapat digunakan untuk yang jauh lebih besar dari berbagai kepentingan yang out-of-the-box sistem Windows. Anda akan mail server, web server, database server, dan file-print server, intranet server, remote akses server, VPN server, server FTP – apapun yang Anda inginkan, benar-benar.
33. Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Tinggi kualitas audio visual keluaran tidak artificially direndahkan. Dengan Linux anda dapat memutar musik, menonton film dan menjalankan perangkat lunak. Sistem operasi tidak akan terganggu dengan adil-hak untuk menggunakan konten Anda sendiri.
34. Sobat tidak akan menanyakan ke Mama…Ma mengapa RUNDLL32.EXE ?? hehe..^_^
35. Berapa banyak kertas dan plastik yang digunakan untuk membuat dan mendistribusikan semua kotak set produk Microsoft? Linux adalah bebas didownload dari Internet.
36. Beberapa vendor perangkat keras seperti ASUS akan mencari embedding Linux di silicon untuk membuat generasi berikutnya komputer mulai lebih cepat. Anda tidak boleh melakukan ini dengan Windows, dan jika tidak mungkin ia akan datang dengan kenaikan harga karena perizinan.
37. Linux tidak akan mati karena open source dan Free.Tidak seperti Sistem Operasi yang Lain.Maaf Y Vendor yang OS yang telah Tutup BeOS, AmigaOS
Bagian sistem operasi Linux
Sistem Operasi Linux/UNIX terdiri dari kernel, program sistem dan beberapa program aplikasi. Kernel merupakan inti dari sistem operasi yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan keluaran, proses-proses, pemakaian file pada file system dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebutsystem call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh sistem operasi.
Program sistem dan semua program-program lainnya yang berjalan di atas kernel disebut user mode. Perbedaan mendasar antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan sedangkan program aplikasi adalah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu. Contoh : daemon merupakan program sistem dan pengolah kata (word processor) merupakan program aplikasi.
Bagian penting kernel Linux
Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti : manajemen proses, manajemen memori, hardware device drivers, filesystem drivers, manajemen jaringan dan lain-lain. Namun bagian yang terpenting ialah manajemen proses dan manajemen memori. Manajemen memori menangani daerah pemakaian memori, daerah swap, bagian-bagian kernel dan untukbuffer cache. Manajemen proses menangani pembuatan proses-proses dan penjadwalan proses. Pada bagian dasar kernel berisi hardware device drivers untuk setiap jenis hardware yang didukung.
Struktur data kernel
Saat kernel melakukan sebuah proses, data-data proses tersebut disimpan secara periodik dalam bentuk file-file. Untuk melihat data-data kernel tersebut, maka file-file yang dimaksud harus di parsing setiap saat karena datanya yang dinamis. Cara termudah yang dapat dilakukan antara lain dengan menggunakan perintahcat.
Syntax :
cat <file_system_yang_di_maksud>
File-file ini tersimpan dalam direktori-direktori yang disimpan terstruktur dalam direktori/proc.
Berikut ini gambaran sekilas mengenai struktur direktori/proc :
I/O dan perintah Dasar Linux
Pengenalan redirection dan pipe
Redirection dan pipe merupakan standar dari fasilitas shell di unix.
  • Redirection
Fasilitas redirection memungkinkan kita untuk dapat menyimpan output dari sebuah proses untuk disimpan ke file lain (Output Redirection) atau sebaliknya menggunakan isi dari file sebagai input dalam suatu proses (Input redirection). Komponen-komponen dari redirection adalah<, >, <<, >>
Untuk lebih jelas nya akan di berikan contoh untuk masing-masing redirection :
Output Redirection
Kita akan menggunakan perintah cat yang telah tersedia secara default di shell linux.
Syntax-nya sbb :
$ cat > <namafile>
Contoh :
Membuat File dengan nama test
antoro@drutz:~$ cat > test
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
^D
Melihat isi file test
antoro@drutz:~$ cat test
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
antoro@drutz:~$
Penambahan untuk file test
antoro@drutz:~$ cat >> test
baris ini tambahan dari yang lama…
^D
Melihat kembali isi file test setelah ditambahkan beberapa kata
//
Pengenalan Linux
13
antoro@drutz:~$ cat test
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
baris ini tambahan dari yang lama…
antoro@drutz:~$
Disini kita melihat bahwa output dari perintah cat akan di belokkan (redirect) ke sebuah file dengan nama test.
Input Redirection
Isi dari suatu file akan kita gunakan sebagai input dari suatu proses yang akan kita jalankan. Sebagai contoh kita akan
mencoba mengirimkan mail ke diri sendiridengan isi mail berasal dari file test tadi
antoro@drutz:~$ mail antoro < test
Sekarang kita lihat mail yang telah dikirim tadi dengan perintah sbb :
antoro@drutz:~$ mail
Mail version 8.1 6/6/93. Type ? for help.
“/var/spool/mail/antoro”: 1 message 1 new
N 1 antoro@drutz.adhyaks Thu Nov 9 14:51 14/525
& 1
Message 1:
From antoro@drutz.adhyaksa.net Thu Nov 9 14:51:12 2000
Delivered-To: antoro@drutz.adhyaksa.net
To: antoro@drutz.adhyaksa.net
Date: Thu, 9 Nov 2000 14:51:12 +0700 (JAVT)
From: antoro@drutz.adhyaksa.net (/me)
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
baris ini tambahan dari yang lama…
& q
antoro@drutz:~$
Isi dari file test di jadikan sebagai input dari proses yang kita lakukan yaitu proses pengiriman mail.
  • Pipeline
Pipeline ( | ) adalah fasilitas di shell UNIX yang berfungsi untuk memberikan input dari suatu proses dari output proses
yang lain. Misalkan sebagai contoh :
Sebelum kita gunakan pipeline
antoro@drutz:~$ find *
dead.letter
mbox
test
Setelah kita gunakan pipeline
antoro@drutz:~$ find * | grep test
test
antoro@drutz:~$
Pada contoh pipeline di atas, mempunyai arti bahwa output dari perintah find menjadi input dari perintah grep yang
kemudian hanya mengambil kata “test” dari output find.
Anton, Afri ,dan Wisesa
Open Source Campus Agreement
//
Pengenalan Linux
Shell (bash command)
Shell adalah sebuah program yang membaca input standar yaitu keyboard. Ketika kita mengetikkan sesuatu di key-
board maka shell akan menafsirkan apa yang kita ketikkan. Sebagai contoh apabila kita ketikkanls pada shell dan
lsternyata merupakan program yang dapat di eksekusi maka shell akan menjalankan program tersebut.
Misal :
antoro@drutz:~$ ls
test
antoro@drutz:~$ hello
bash: hello: command not found
antoro@drutz:~$
Kita dapat melihat bahwa ketikals kita ketikkan maka programls dijalankan, sedangkan apabila kita jalankan
hellodan karena memang tidak ada program hellomaka shell tidak dapat mengeksekusinya.
  • Jenis-jenisshell
Jenis shell yang digunakan di unix maupun linux banyak macamnya, tetapi dilihat dari segi kuantitas pemakainya shell
yang banyak dipakai adalah sebagai berikut :
Bourne shell (sh)
C shell (csh)
Korn shell (ksh)
Bourne Again shell (bash)
Yang paling banyak di gunakan adalah bash, dimanabash ini merupakan pengembangan darish danksh. Mayoritas distribusi linux saat ini menggunakanbash sebagai default shell-nya.
  • Perintah-perintah dasar dalam Linux
cat
Perintahcat ini menampilkan isi dari suatu file ke standart output (stdout)
Syntax :
$ cat <namafile>
Contoh :
antoro@drutz:~$ cat test
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
baris ini tambahan dari yang lama…
catdapat juga digunakan untuk memasukkan sebuah isi dari suatu file ke dalam file yang lain.
Syntax :
$ cat file1 file2 file3 > file4
clear
Perintahclear ini mirip dengancls pada DOS yang gunanya membersihkan layar
Syntax :
$ clear
cp
Mirip dengancopy pada DOS, perintahcp ini berfungsi mengkopi file.
Syntax :
$ cp [option] file /dir/path/
Untuk lebih jelas silahkan dibaca pilihan-pilihannya dengan menjalankan :
$ cp –help
cut
Perintahcut mendefinisikan suatu file yang berisi data berdasarkan kolom
Syntax :
$ cut [option] file
Contoh : kita akancut file test dari kolom 1-7
antoro@drutz:~$ cut -c 1-7 test
ini han heheheh baris i
antoro@drutz:~$ cat test
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
baris ini tambahan dari yang lama…
antoro@drutz:~$
Dari contoh dapat terlihat bahwacut hanya menampilkan isi dari file test dari kolom 1 – 7
find
Dari namanya sudah dapat diterka bahwa perintah ini berfungsi untuk mencari file ataupun directori.
Syntax :
$ find /path [option]
Contoh :
antoro@drutz:~$ find . -name te*
./test
antoro@drutz:~$
grep
Perintah ini berguna untuk pencarian data di dalam file, penggunaangrep akan lebih mengefisienkan waktu ketim-
bang harus membaca satu persatu
Syntax :
$ grep [option] “data” file
Contoh :
antoro@drutz:~$ grep “ini” test
ini hanya sebuah test dari output redirection
baris ini tambahan dari yang lama…
antoro@drutz:~$
ln
Kegunaan perintah ini adalah untuk membuat link dari satu file/directori ke file/directori lain
Syntax :
$ ln -s /path/to/source target
Contoh :
antoro@drutz:~$ ln -s test uji
antoro@drutz:~$ ls -l
total 2
-rw-r–r–
1 antoro
antoro
102 Nov 9 14:11 test
lrwxrwxrwx
1 antoro
antoro
4 Nov 10 03:21 uji -> test
antoro@drutz:~$
Dari contoh dapat dilihat bahwa file uji adalah merupakan link dari file test
locate
Perintah ini digunakan untuk mengetahui dimana letaknya sebuah file atau directori. Fungsinya kurang lebih sama denganfind, bedanya locate menggunakan sebuah database (biasanya terletak di/var/lib/locatedb ) yang dapat di update menggunakan perintahupdatedb.
Syntax :
$ locate <something>
Contoh :
antoro@drutz:~$ locate uji
/home/antoro/uji
antoro@drutz:~$
ls
Perintah ini sama sepertidir pada DOS yanitu berfungsi untuk menampilkan isi dari suatu directory beserta atribut-
atribut filenya.
Syntax :
$ ls [option] /directory
Contoh :
antoro@drutz:~$ ls /home/antoro
test uji
antoro@drutz:~$
mkdir
Perintahmkdir ekivalen denganmd (make directory) pada DOS yang berguna untuk membuat sebuah directory.
Syntax :
$ mkdir <namadir>
mv
Perintah ini mirip dengan perintahmove pada DOS yang berguna untuk memindahkan file dari satu directory ke
directory lainnya, atau juga dapat digunakan sebagai pengganti nama file (ren/rename pada DOS)
Syntax :
$ mv file1 file2
rm dan rmdir
Perintahrm adalah perintah untuk menghapus file. Untuk directory dapat digunakanrmdir
Syntax :
$ rm <namafile>
$ rmdir <namadirectori>
tail
Perintah ini berlawanan dengan perintahcut,tail mendefinisikan sebuah data pada file menurut barisnya. Sedikit
perbedaan adalah padatail secara default ditampilkan 10 baris terakhir dari isi file
Syntax :
$ tail [option] <namafile>
Contoh :
antoro@drutz:~$ tail test
ini hanya sebuah test dari output redirection
hehehehehe……..
baris ini tambahan dari yang lama…
antoro@drutz:~$
Bila kita ingin menampilkan hanya 2 baris terakhir gunakan option[-[nilai]. Misal :
antoro@drutz:~$ tail -2 test
hehehehehe……..
baris ini tambahan dari yang lama…
antoro@drutz:~$
mount
Setiap device dalam linux agar dapat diakses harus terlebih dahulu di-mount atau dikaitkan.
Syntax :
$ mount [option] /dev/<devicefile> /path/to/mountdir
Contoh :
$ mount /dev/hda1 /mnt/disk
ps
Perintah ini digunakan untuk melihat setiap proses yang dijalankan di dalam mesin beserta nomor prosesnya.
Syntax :
$ ps [option]
Anton, Afri ,dan Wisesa
kill
Perintahkill (mematikan) sesuai namanya adalah berfungsi untuk mengirimkan signal ke suatu proses. Sehingga bisa memerintahkan apakah suatu proses ditunda , dihentikan atau dilanjutkan. Tetapi paling sering digunakan untuk mematikan proses yang sedang berjalan.
Syntax :
$ kill <nomor-prosesnya>
adduser, passwd dan userdel
Perintahadduser danuserdel adalah file-file untuk administrasi user. adduser digunakan untuk menambahkan
user pada suatu mesin. Kemudian setelah ditambahkan ditentukan password user yang baru tersebut dengan perintah
passwd. Sedangkan userdeldigunakan untuk menghapus user di mesin. Untuk menjalankan perintah-perintah ini
diperlukan root priviledge.
Syntax :
# adduser <namauser>
# passwd <namauser>
# userdel [-r] <namauser>
Aplikasi dasar Linux Seperti juga pada MS Windows, untuk Linux maupun semua varian UNIX terdapat editor file yang dinamakanvi atauvim (vi improved with syntax color highlighting). Selainvi terdapat program editor lain yang lebih mudah pemakaiannya serpertipico,joe,jove,mc (midnight commander), dll. Pada bab ini, akan dikenalkan bagaimana menggunakan editorvi,joe,pico danmc.
VI Vimmerupakan pengembangan dari editor viyang mempunyai keunggulan dalam penggunaan warna. Vimerupakan editor yang paling terkenal di dunia UNIX.Vi ialah kepanjangan dari “Visual” editor.Vim mendukung penggunaan warna untuk menandakan kode program dan juga penanda teks seperti penggunaan huruf normal, tebal maupun cetak miring. Untuk menjalan perintahvi, kita gunakan sintaks sbb :
vi <nama_file>
Statusvi
Editorvi mempunyai 3 mode, yaitu :
command mode, untuk menggunakannya tekanESC terlebih dahulu.
input mode, dengan mengetikkan perintah-perintah yang spesifik, sepertia I o 0 dan diakhiri denganESC
atau dengan interrupt.
line mode, suatu keadaan setelah ada proses input :? , /, !
Notasi yang digunakan
CTRL-c, CTRLadalah tombol control pada keyboard, sehingga CTRL-cberarti “control c”. CR(Carriage Return)
ialah tombol enter.
Manipulasi file
Tombol+ Fungsi
:wq
save file dan exit
:q
keluar dari vi
:q!
keluar dari vi tanpa menyimpan
:w
menyimpan file

//
Perintah cari dan ganti
Tombol+Fungsi

/<teks>
Mencari<teks> yang ada setelah posisi kursor
?<teks>
Mencari<teks> yang ada sebelum posisi kursor
/
Mengulangi pencarian terakhir setelah posisi kurso
?
Mengulangi pencarian terakhir sebleum posisi kursor
<addr>s/<from>/<to>g
Mencari kata<from> dan menggantikannya dengan ka-
ta<to> di baris ini atau di kisaran<add>Contoh :
3,20s/lama/baru/g, contoh ini akan mencari ka-
ta “lama” diganti dengan kata “baru” yang ada diantara
baris 3-20
Perintah lainnya
Tombol+Fungsi
u
Undo perubahan terakhir
CTRL-g
Menampilkan nama file dan baris kursor
Insert
Memulai mengedit (mengetik)
Delete
Menghapus karakter di posisi kuros
Pico
Picoadalah teks editor jenis lain yang berdasarkan pada program compose email Pine. Navigasi untuk perintahnya
diletakkan di bawah dari layar. Semua karakter yang diketik langsung disisipkan ke dalam teks. Perintah untuk
menjalankan editor pico adalah sbb :
pico <nama file>
Daftar perintah yang tersedia padapico:
Tombol+Fungsi
^G
Help
^O
Menyimpan file
^R
Membuka file
^K
Menghapus satu baris
^U
Undo untuk perintah menghapus
^W
Mencari kata
^C
Menampilkan posisi kursor saat ini
^X
Keluar dari pico
Joe
Perintah-perintah dalam editor joe ini sangat mirip dengan perintah-perintah padaWordStar. Jika kita telah terbiasa
dengan perintah padaWordStar maka tidak akan kesulitan dalam menggunakan editorjoe. Untuk menjalankan
joe, kita dapat menggunakan perintah sbb :
joe <nama file>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar